Sabtu, 25 Juli 2015

Statement of Purpose

Nama saya Thorik Aziz, saya lahir di desa Sera Barat Kecamatan Bluto pada Tanggal 11 November Tahun 1992. Saya adalah alumni sarjana Strata 1 di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk sumenep di jurusan Pendidikan Agama Islam. Saya sangat merasa senang menjadi seoarang guru di salah satu lembaga pendidikan yang ada di pondok pesantren At-taufiqiyah Aengbajaraja. Saya di beri kepercayaan untuk mengajar di taman pendidikan Kanak-kanak yayasan pesantren At-taufiqiyah. Walaupun saya berlatar belakang dari sarjana Pendidikan Agama Islam, tapi mengajar di taman kanak-kanak merupakan hal yang sangat menyenangkan dan juga sangat menguji saya sebagai seorang pendidik. Selain menjadi seorang guru, saya juga aktif di sebuah organisasi pergerakan mahasiswa islam indonesia PMII dan juga sebagai menejer di kopontren At-taufiqiyah.
Adapun jurusan yang akan saya ambil pada program pasca sarjana UIN Sunan  Kalijaga Yogjakarta adalah di jurusan PGRA (Pendidikan Guru Raudatul Athfal), jurusan PGRA merupakan salah satu program yang tidak di sukai oleh kalangan mahasiswa/i,  sebab jurusan ini orientasinya tertuju pada pendidikan anak yang masih belum dewasa, mereka berfikir bahwa mendidik anak yang masih di usia dini tidaklah semudah mendidik anak yang sudah berada di tingkat SMP, sebab anak usia dini sangatlah membutuhkan seorang pendidik yang profesional dan mempunyai kesabaran yang tinggi, sehingga sangat sedikit di madura (sumenep khususnya) yang menyelesaikan pendidikannya sampai ke pasca sarjana di jurusan PGRA apalagi seorang laki-laki.  Sebagai seorang pendidik di taman kanak-kanak, saya mearasa  sangat perlu untuk melanjutkan kuliyah sampai ke pasca sarjana, Sehingga berangkat dari sinilah saya merasa terpanggil untuk melanjutkan ke pasca sarjana dengan mengambil jurusan PGRA, karena mendidik anak yang masih usia dini memanglah hal yang sangat saya sukai dan juga saya menginginkan agar di sumenep menjadi seorang laki-laki yang pertama kali bisa menyelesaikan pendidikan pasca sarjana di jurusan PGRA.
Maksud dan  tujuan saya dalam memilih program Pasca Sarjana  UIN Sunan KalijagaYogyakarta di jurusan PGRA yang pertama adalah berawal dari kesadaran akan pentingnya pendidikan yang berkelanjutan dan berkesinambungan, yang mengacu pada efektifitas pendidikan, dimana setelah jenjang sarjana yaitu dilanjutkan dengan program pasca sarjana.  Alasan saya yang kedua karena merasa bahwa  pendidikan pasca sarjana menjadi sangat penting jika kita mempertimbangkannya dari sisi akademis. Dimana pendidikan pasca sarjana akan lebih memperdalam kapasitas bidang akademis yang telah digeluti pada program sarjana. Sehingga otoritas dari kapasitas keilmuanpun akan lebih terakui secara akademis bila jenjang pendidikan sarjana dilanjutkan menuju pasca sarjana. Adapun alasan saya yang ketiga yaitu untuk menunjang profesionalisme saya sebagai seoarang pendidik di Taman pendidikan Kanak-kanak At-taufiqiyah dan sekaligus agar menggapai cita-cita saya untuk menjadi seorang dosen di Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-guluk Sumnenep Madura. 
Jika saya lulus dari program megister saya akan mengajukan beasiswa untuk melanjutkan studi saya ke jenjang yang lebih tinggi (S3). Saya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan yang saya dapat melalui lisan dengan menjadi seorang dosen dan dengan tulisan dengan menjadi seorang penulis. Demikianlah Statement of Purpose saya tulis, dengan harapan agar saya bisa diterima untuk belajar di UIN sunan kalijaga dengan mengambil jurusan PGRA.

                                                                                                Sumenep, 13 Mei 2015


                                                                                                  Thorik Aziz, S.Pd.I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar